kursor berjalan

Kamis, 11 Agustus 2011

Motivasi Berorganisasi dan Berprestasi


Motivasi Berorganisasi dan Berprestasi
Oleh: Indria Retna Mutiar


Dunia kampus sangatlah berbeda dengan sekolah, baik dalam segi persaingan maupun dalam pergaulan (lingkungan). Dorongan untuk selalu berprestasi pasti di miliki oleh semua orang, perbedaannya hanya terletak pada keinginan belajar dan motivasi dari setiap orang. Motivasi merupakan suatu keinginan yang muncul karena adanya dorongan dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri. Menurut T. Hani Handoko ( 2003:252), mengemukakan bahwa motivasi adalah :“Keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan”. Tentulah tujuan dari setiap individu berbeda-beda, sekalipun tujuan yang hendak dicapai itu sama tetapi prosesnya berbeda.
Motivasi dan organisasi memang memiliki keterkaitan yang erat, karena di dalam berorganisasi pasti memiliki motivasi-motivasi untuk menjalankan dan mencapai tujuan bersama. Akan tetapi motivasi dari setiap individu berbeda-beda karena individu merupakan makhluk yang unik, yang berbeda satu dengan yang lainnya. Suatu organisasi tidaklah akan mencapai suatu tujuan yang di inginkan jikalau di dalam sebuah organisasi tidak memiliki motivasi. Motivasi bukan saja dalam belajar, di dalam setiap kegiatan yang kita jalani juga memiliki motivasi. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana menanamkan motivasi di dalam diri setiap individu ? Apakah motivasi dapat tumbuh dengan sendirinya ? Tentu tiap orang akan mempunyai jawaban masing-masing atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, begitu pula penulis.
Menurut saya menumbuhkan motivasi di dalam suatu kelompok, kelompok yang di maksud disini adalah di dalam sebuah organisasi akan lebih mudah karena ketika salah satu dari kelompok itu termotivasi maka akan mempengaruhi yang lainnya, dimana di dalam sebuah organisasi itu menuju pada satu tujuan yang sama, yang hendak di capai bersama sehingga akan saling membutuhkan satu sama lain.
Seperti yang di katakan oleh James D. Mooney, yang mengatakan bahwa Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.[1] Dengan kata lain, suatu organisasi harus di bangun dengan rasa kebersamaan bukan individualistis. Seperti dalam pepatah, yang mengatakan: “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Di dalam sebuah organisasi juga seperti itu, ketika kita bersatu dalam menjalankan suatu kegiatan maka akan terasa ringan karena di jalani bersama-sama.
Ketika di dalam sebuah organisasi mempunyai motivasi yang besar untuk melangkah maju maka ada dua kata yang harus di terima, yaitu berhasil dan gagal. Apabila kita melangkah untuk menuju keberhasilan maka kita jangan takut gagal, karena kegagalan merupakan awal dari keberhasilan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar